Sabtu, 13 Oktober 2012

IPB, 3rd Winner Debate Competition

BOGOR-Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor menggelar acara FGW (Fapet Golden Week) 2012. Sebuah rangkaian kegiatan oleh BEM Fapet IPB, tanggal 24-30 September 2012 yang berupa Expotion (lomba orasi se-Fapet IPB, Debat nasional bidang peternakan), Seminar nasional, Lomba karya tulis nasional, dan CST (Cowboy Show Time) yang berupa festival band se-Bogor, dan malam penganugrahan dengan Guest Star 'KAHITNA Band'.

Debat Nasional bidang Peternakan di ikuti oleh beberapa universitas se-Indonesia yang sebelumnya meloloskan essay sebagai tiket melaju ke tahap debat nasional mahasiswa. Finalis yang lolos yaitu Universitas Brawijaya 2 team, Universitas Hasanuddin Makassar 1 team, Universitas Dipenogoro 2 team, UNS Surakarta 1 team, Universitas Jendral Sudirman 1 team, dan Institut Pertanian Bogor 1 team.

Muhammad Esa Putra, Muhammad Fajrin, dan Ikhwan Ibnu Arbi yang merupakan finalis asal IPB menggungguli Undip sesi penyisihan dengan mosi 'Indonesia harus bergantung dengan investor asing dalam pengembangan peternakan', bukan soal benar salah, tetapi team pemenang ialah yang paling lama mempertahankan argumennya hingga akhir waktu dengan berbagai data penunjang.

Di semifinal, IPB bertemu dengan Universitas Brawijaya, perjuangan ke putaran final terhenti untuk Muhammad Esa dkk saat Leo Wibisono yang merupakan MAPRES (Mahasiswa Berprestasi) Nasional 2012 sebagai dewan juri mengumumkan perolehan nilai UB yang berada diatas IPB sehingga UB berhak bertemu UNS Surakarta di puncak final.

Sementara itu, IPB harus bertemu dengan Universitas Hasanuddin untuk meraih posisi ketiga dengan mosi 'Pemberhentian impor sapi secara berkelanjutan'. IPB dan Unhas saling serang mempertahankan argumen baik diposisi Pro ataupun Kontra. Setelah hampir 1 jam pertarungan debat, akhirnya dengan selisih 5 poin lebih unggul, IPB meraih 3rd Winner National Debate Competition for Livestock in FGW 2012.


1 komentar:

Social Profiles

Facebook

Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified