Sabtu, 05 Januari 2013

Masa Lalu itu Bernama MIKIGA

Setahun lalu, aku menjalani sebuah perjalanan panjang blog, bukan panjang karena jauh dengan ratusan kilometernya, tapi karena betapa peliknya suka duka yang pernah terjadi. Masa lalu itu bernama mikiga.

MIKIGA membuat perubahan hidupku sedikit berbeda, waktu itu aku sangat sulit melakukan pengendalian emosi, jengkel, muyak hampir dengan semua hal yang ada. 4 bulan sabtu minggu ku lebih berat dari kuliahku. Tak ada libur atau tanggal merah selama itu, semakin libur semakin sibuk. Itu waktu bersihnya blog, kalau dihitung sejak MIKIGA itu lahir, artinya MIKIGA itu sudah masuk ke dalam kehidupannku selama 1,5 tahun sampai MIKIGA itu benar-benar pergi.

MIKIGA itu berawal dari PKM, semangat aku dan kawanku yang ingin mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa ditahun 2011. MIKIGA adalah PKM-M, kependekan dari Mini Kids Garden. Ceritanya, kami membuat garden mini yang akan di tanami tanaman kerdil dengan tujuan untuk meningkatkan minat di bidang pertanian, sasaran dari MIKIGA adalah siswa-siswa SD kelas 5.

Dulu, setiap hari sabtu aku dan tim MIKIGA ke sekolah-sekolah di sekitar kampus Dramaga. Cuman sekolah yang pernah aku datangi hanya SD 4 Babakan, SD 5 Babakan, SD 4 SituGede. Mulai dari perkenalan MIKIGA, ngisi quesioer, main-main, nyanyi-nyanyi, dan banyak lagi.  

Dulu, judul yang kami ajukan adalah “MIKIGA : Mini Kids Garden sebagai Media Edukasi Kreatif Melalui Konsep Mini Farming untuk Meningkatkan Minat Bertani Anak”. Dengan sampul draft yang berwarna merah. Tim kami adalah Ihsan, Ricky, Ijul, Kak Jupe, dan Aku sendiri. Sebenarnya menurutku kami adalah tim yang sangat kuat, solid, cerdas, dan punya banyak talenta. Mudah sajalah kalau hanya menyelesaikan PKM ini, bahkan PIMNAS (Pekan Ilmiah Nasional)bukanlah hal yang sulit untuk dijangkau.
Foto poster MIKIGA di PIM (Pekan Ilmiah Mahasiswa) IPB
 U know? MIKIGA masuk di beberapa berita online seperti :

Buatku, ini dahsyat blog, kami bahkan bekerja sama dengan Kementrian LH dan berbagai instansi yang bergerak di dunia pertanian, tambahnya ada sekolah yang menjadikan MIKIGA sebagai salah satu tambahan bahan ajaran untuk pelajaran muatan lokal.
 
Apakah semua ini buruk? Apakan ada penyesalan atas yang telah terjadi selama ini? the answer is : NO. Memang sepanjang perjalanan kami banyak cacatan keluh kesah yang mendalam, kepenatan yang mendera hati, emosi yang mencabik semangat, bahkan sampai kehilangan mood untuk berbagai aktivitas lainnya kala itu.

Tapi disini banyak sekali yang aku dapat dalam nilai-nilai positifnya. lain kali aku ceritakan lebih panjang lagi lah blog.. :)

C u next time. 
Ricky, Aku, Ihsan, kak Jupe, Ijul


0 komentar:

Social Profiles

Facebook

Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified